Rabu, 02 September 2015

BUDAYA, MAKANAN, DAN CIRI KHAS KOTA BLITAR


  • BUDAYA KOTA BLITAR

      Pada umumnya setiap daerah mempunyai budaya dan ciri khas masing-masing. Salah satunya budaya di Kota Blitar. Budaya diatas dinamakan Grebeg Pancasila.Grebeg adalah tradisi masyarakat Jawa yang biasanya diselenggarakan sebagai upacara peringatan hari-hari besar tertentu. Masyarakat Blitar menggunakan tradisi Grebeg untuk memperingati secara khusus Hari Kelahiran Pancasila setiap tanggal 1 Juni.

        Grebeg pancasila di Kota Blitar biasa di rayakan dengan karnaval mengelilingi Kota Blitar. Peserta karnaval terdiri dari berbagai instansi dan pendidikan, mulai dari guru, murid, hingga Bapak Walikota juga ikut serta dalam karnaval tersebut. Grebeg Pancasila juga menjadi satu kesatuan dalam rangkaian acara peringatan Bulan Bung Karno di bulan Juni.

  • MAKANAN KHAS KOTA BLITAR

         Makanan atau jajanan khas Kota Blitar ini dinamakan Wajik Kletik. Wajik ini terbuat dari gula kelapa, beras ketan dan kulit jagung. Untuk mengemasnya, supaya tidak cepat basi, kulit jagung ini disetrika terlebih dulu dan dikemas dalam rentengan sejumlah 5 buah. Proses pembuatannya cukup sederhana, masak gula  kelapa dan kelapa di atas api sedang hingga gula larut dan mengental. Setelah itu, masukkan beras ketan, aduk-aduk hingga mengental.
        Jajanan ini menjadi khas Kota Blitar karena pembuatannya ada di Kota Blitar saja. Wajik Kletik dapat dibeli di rumah pembuatannya ataupun di toko Oleh-Oleh Khas Blitar yang tempatnya berada di selatan Taman Rekreasi Kebon Rojo Blitar. Jajanan ini banyak peminatnya karena rasanya enak dan harganya sangat terjangkau.

  • CIRI KHAS KOTA BLITAR
        



          
        Kota Blitar telah dikenal masyarakat sebagai Bumi Bung Karno dengan adanya Makam Proklamator Bung Karno dan sebagai tujuan utama para wisatawan yang mengunjungi Kota Blitar. Blitar memiliki banyak cerita yang begitu heroik bagi guru bangsa ini. Soekarno, Presiden pertama Indonesia ini merupakan warga asli Blitar. Hingga saat ini masih banyak wisatawan yang berkunjung ke Makam Bung Karno yang berada di Jalan Ir. Soekarno Kota Blitar.
       Saat akan memasuki wilayah jalan utama di Makam Bung karno ini, akan menemukan sebuah gapura Agung yang menghadap ke selatan yang berhadapan dengan Cungkup Makam Bung Karno berbentuk bangunan Joglo, yakni bentuk seni bangunan jawa yang sudah dikenal sejak dahulu.
Untuk memasuki wilah Makam Bung karno, aksesnya sangat mudah dan sekarang telah di bangun Museum dan Perpustakaan Bung Karno, maka jika ingin mengenang atau mengetahui bagaimana kehidupan Bung Karno datang saja ke Makam Bung Karno yang hanya ada di Kota Blitar.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar